Fakta-fakta Tentang Film Joker

Film

Banyak dibenci tapi banyak pula mempunyai fans setia, kira-kira demikianlah gambaran karakter villain yang dibentuk oleh DC. Berhasil meraup jumlah penonton dalam film Suicide Squad di tahun 2016 lalu, Warner Bros telah menyiapkan film tentang villain yang akan segera tayang di tahun ini, tepatnya di Bulan Oktober, yaitu film Joker. Sebagai pemeran utamanya adalah actor jempolan Joaquin Phoenix. Nah, sebelum menyaksikannya beberapa minggu ke depan, berikut ini adalah fakta-fakta menariknya.

Fakta-fakta unik film Joker

Anda terkesan dan nge-fans dengan villain paling aneh, jenius, sekaligus diliputi humor gelap ini? Ketahui dulu fakta-faktanya sebelum nonton film-nya.

Joaquin tidak mau jadi superhero

Aktor yang satu ini terkenal cukup idealis dan selektif dalam memilih peran-peran yang akan dibawakannya. Phoenix memang telah membintangi film-film berkualitas sehingga tak sekali Marvel menawarkan peran kepadanya, yaitu sebagai Dr. Strange atau Bruce Banner. Sesuai prinsipnya, Phoenix menolak tawaran tersebut karena kurang menyukai konsep sequel pada film. Di lain pihak actor tampan ini justru berharap untuk bisa memerankan tokoh character study pada karakter villain. Film ini dapat dibilang merupakan keinginan Phoenix yang terwujud.

Low budget

Tahukah Anda kalau film Joker ini berbiaya rendah? Bila Suicide Squad digarap dengan anggaran US$ 175 juta dan Justice League hingga menghabiskan biaya sampai US$ 300 juta, film Joker hanya mempunyai anggaran sebesar US$ 55 juta.

Tidak akan menampilkan Batman

Film solo Joker ini tidak akan menampilkan karakter Batman sama sekali dalam tampilan sebagaimana yang kita lihat selama ini. Meski demikian Joker memang tak dapat dipisahkan dari musuh abadinya tersebut. Film ini lebih kepada latar belakang Arthur Flekc atau alter ego dari Joker hingga dia memutuskan untuk bersembunyi dalam karakter badut yang seram itu. Jadi bagi Anda yang mengharapkan akan ada adegan duel Joker VS Batman dalam film tersebut, sayang sekali bahwa ini tak akan terjadi.

Batman memang akan muncul di sini, namun sebagai Bruce Wayne yang masih anak-anak. Actor pemerannya adalah Dante Pereira-Olson yang juga cukup populer sebagai actor anak-anak yang telah bermain dalam beberapa film. Nah, hingga sekarang masih belum dibocorkan bagaimana akhirnya keduanya dapat bertemu.

Terinpsirasi film lawas

Siapa sangka bahwa film Joker ini terinspirasi dari film tahun 80-an, yaitu The King of Comedy. Film ini adalah karya Martin Scorsese yang dirilis di tahun 1983. Pada perkembangan kariernya berikutnya, Scorsese sempat menduduki kursi co-produser serta produser eksekutif. Untuk plot cerita Film Joker diambil dari novel klasiknya yang berjudul Batman, The Killing Joke. Awal kemunculan villain yang satu ini juga masih menjadi misteri sebagaimana potongan-potongan adegan yang telah dipublikasikan pada trailernya.

Tak terkait DCEU (DC Extended Universe)

Film solo ini nantinya tak akan berhubungan dengan film-film garapan DCEU. Hal ini tentu saja sesuai kemauan Phoenix yang ogah main film berkelanjutan. Artinya sesukses apa pun film ini nantinya, Phoenix tak mempunyai keharusan untuk melanjutkan perannya dalam film sequel atau mengaitkannya dengan timeline Justice League.

Jadi Anda jangan berharap bahwa film ini nantinya bakal diproduksi sekuelnya. Ada dugaan bahwa film-film yang berdiri sendiri seperti ini merupakan strategi bisnis dari DC demi mengalahkan charisma Marvel Universe yang hingga kini tak tertandingi. Setelah sebelumnya diperankan oleh actor watak mendiang Heath Ledger, tentu saja Phoenix mempunyai beban cukup berat untuk memerankan karakter Joker ini.

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*